Perhitungan Stok Bahan Kimia di Pabrik Pengolahan Mineral

Perhitungan Stok Bahan Kimia


Oleh Nizar A K

28 Maret 2020

Bismillah..

Kali ini penulis ingin sekedar berbagi pengalaman tentang salah satu pekerjaan rutin di pabrik pengolahan mineral tempat penulis bekerja saat ini. Pekerjaannya yaitu menghitung karung stok bahan kimia atau juga drum grinding ball untuk keperluan operasional pabrik.

Pekerjaan ini bisa dikatakan cukup unik, kenapa? Karena sama sekali tidak terbayang sebelumnya, bahasa plesetannya "ini kerjaan gak diajarin di sekolah" tapi memang harus dilakukan karena jadi salah satu tanggung jawab metallurgist juga di lapangan. Saya jamin, dimanapun anda bekerja, mau tidak mau seorang metallurgist akan terlibat dalam pekerjaan ini. Bisa saja sebenarnya memilih untuk tidak terlibat, tapi resiko ya tanggung sendiri. hehe

Baik kita mulai pembahasannya, materi ini cukup ringan jadi tidak perlu banyak mikir.


Area stok penyimpanan bahan kimia
(sumber bukalapak.com)


Definisi


Tidak perlu repot-repot mendefinisikan, dari judulnya saja sudah jelas dan cukup simpel. Pekerjaan ini ya menghitung karung stok bahan kimia + media grinding yang ada di lokasi proyek. Lokasi proyek ini mencakup area pabrik pengolahan yang ada dibawah pengawasan metallurgist dan juga area penyimpanan gudang bahan kimia + media grinding yang berada di bawah pengawasan Dept supply/warehouse.

Kegunaan


Di atas penulis menyebutkan, bisa saja anda tidak perlu terlibat tapi nanti resiko ditanggung sendiri. Apa maksudnya?

Begini, tujuan akhir dari penghitungan stok ini bagi seorang metallurgist adalah untuk mengetahui secara pasti berapa banyak jumlah bahan kimia + media grinding yang dipakai oleh pabrik selama operasi satu bulan. Jadi dengan mengetahui stok awal dan akhir bahan kimia + media grinding di suatu bulan, maka anda akan tahu berapa banyak barang tersebut digunakan untuk operasional pabrik. 

Loh, bukannya catatan penggunaan bahan kimia sudah dilaporkan oleh operator setiap hari? Ya betul. Tetapi operator juga manusia, kadang mereka bisa lupa mencatat atau salah dalam menghitung. Atau kadang bisa juga tidak melakukan penambahan bahan kimia tapi mengaku iya, biasanya ini operator yang suka tipu-tipu biar kelihatan kerja hehehe. Karenanyalah kita perlu melakukan kontrol tambahan yaitu dengan membandingkan stok di awal dan di akhir.

Bisa saja sebenarnya metallurgist mempercayakan perhitungan ini kepada dept suplai, toh bukankah itu memang tugas mereka untuk mengawasi peredaran bahan kimia atau media grinding di pabrik. Kenapa metallurgist mesti repot? Jawabannya, sama seperti diatas. Manusia bisa salah. Bisa saja dept suplai salah memberikan data dan akhirnya memberikan kita data konsumsi bahan kimia yang tidak masuk akal dan tidak sesuai prediksi metallurgist. Hal ini dapat memicu adanya tarik ulur antara pihak metallurgist dan dept suplai. Oleh karena itu, alangkah baiknya bila pekerjaan ini dilakukan bersama oleh metallurgist dan dept suplai agar hasil yang diperoleh lebih akurat dan disepakati oleh kedua belah pihak.

Selanjutnya, apa gunanya mengetahui konsumsi bahan kimia atau media grinding di pabrik? 

  • Mengawasi pemakaian bahan kimia atau media grinding agar sesuai dengan budget atau parameter produksi yang telah ditetapkan. 

  • Bilamana terjadi penyimpangan konsumsi yang cukup besar (melebihi budget misal), maka adalah tugas metallurgist untuk mencari tahu penyebab hal tersebut. Misalnya apakah ada perubahan karakteristik bijih, supervisi pabrik yang kurang optimal atau barangkali ada penurunan kualitas dari bahan kimia yang digunakan.

  • Dengan mengetahui konsumsi aktual bahan kimia / media grinding, metallurgist dapat melakukan forecasting untuk kebutuhan pemakaian bulan-bulan ke depan. Hasil forecasting ini selanjutnya dikoordinasikan dengan bagian supply. Ini dibutuhkan agar suplai bahan kimia atau media grinding dapat terpenuhi dengan baik.

Berikut ini contoh tabel resume untuk hasil perhitungan konsumsi bahan kimia dan media grinding selama satu bulan yang dibuat dalam basis pemakaian per ton bijih yang diproses.




Teknis pekerjaan


Teknis pekerjaan untuk perhitungan konsumsi bulanan meliputi hal-hal berikut:

  • Lakukan koordinasi dengan dept suplai/warehouse. Ini penting karena hasil perhitungan harus disetujui oleh kedua belah pihak.

  • Siapkan data stok barang di awal bulan sebagai dasar. Stok ini meliputi stok di pabrik maupun stok di gudang milik warehouse.

  • Lakukan penghitungan stok barang di akhir bulan bersama dengan tim dari Dept Suplai. Stok barang meliputi stok di pabrik maupun yang masih berada di gudang milik warehouse.

  • Kumpulkan data berapa banyak barang yang disuplai dari supplier yang masuk ke gudang warehouse untuk satu bulan.

  • Kumpulkan data berapa banyak barang yang dikirim dari warehouse menuju pabrik pengolahan selama satu bulan. 

  • Dari seluruh data di atas, dapat dihitung berapa aktual konsumsi bahan kimia atau media grinding yang dipakai oleh pabrik selama satu bulan. Siklus urutan perhitungan dapat ditampilkan pada diagram berikut:


alur barang bahan kimia di pabrik pengolahan mineral


Demikian, dengan mengikuti alur di atas, akhirnya akan diperoleh data aktual konsumsi bahan kimia atau media grinding selama satu bulan. Data ini nantinya akan jadi data yang disepakati oleh pihak metallurgist dan juga dept suplai.

Posting Komentar

0 Komentar