Pengalaman balik nama kendaraan sendiri di Sleman

Pengalaman balik nama kendaraan satu daerah di Samsat Sleman 


Bismillaah

Baru sebulan yang lalu, tepatnya saya lupa sekitar akhir Desember 2019 - Awal Januari 2020 saya mengurus balik nama kendaraan kami sekeluarga, yaitu mobil Terios tahun 2012. Mutasi balik nama sekalian bayar pajak ceritanya. Soalnya bayar pajak tahunan itu mesti melampirkan KTP asli yang sama dengan yang tertulis di STNK. Jadi repot juga kalau tiap tahun mesti pinjam KTP, mending kalau kenal, kalau beli lewat orang lain kan repot. :(


Oh iya, sebagai pendahuluan, mobil yang akan dibalik nama ini sudah berplat AB. Sengaja kami waktu itu cari mobil seken plat AB agar tidak repot buat mutasi balik nama seandainya beda daerah segala macam. Pengalaman kami sebelumnya, kami bawa motor dari Bandung (jawa barat) dan urus mutasi jadi plat AB habis sekitar 2.5 juta lewat biro jasa. Kalau mobil mungkin lebih besar lagi habisnya. Alhamdulillah untuk mobil ini akhirnya dapat plat AB yang Sleman, jadi komplit sudah.. satu propinsi... satu kabupaten pula. :)

samsat sleman

Lokasi kantor samsat sleman


Kantor samsat sleman (sumber facebook samsat sleman) 


Oh ya, untuk proses ini semuanya di satu atap, yaitu di gedung SAMSAT sleman. Jadi tidak perlu lagi ke polres Sleman yang ada di seberangnya.

Oke langsung aja..

PERSYARATAN


Syarat pertama yang mesti dibawa untuk mutasi balik nama satu daerah adalah sbb:

  1. BPKB asli
  2. STNK asli
  3. Kuitansi pembelian mobil dari pihak pertama
  4. KTP calon pemilik baru, yaitu anda sendiri
  5. Bawa uang cash
  6. Bawa pulpen

Berkas-berkas di atas nanti difotokopi, saya lupa berapa banyak tapi cari aja fotokopi di basement gedung samsat. Tinggal bilang keperluan mau apa, nanti tukang fotokopi sudah tahu.

Khusus kuitansi pembelian, ada beberapa syarat antara lain:

  1. Pakai materai
  2. Yang tanda tangan di kuitansi adalah pihak pemilik mobil yang namanya tertulis di STNK lama. Nah waktu itu, saya beli bukan dari pemilik lama langsung, jadi jelas yang tanda tangan beda orang. Akhirnya saya diminta buat kuitansi sendiri dan bikin tandatangan ngasal yang penting namanya sama dengan pemilik mobil pertama wkwkwk
  3. Jenis mobil, warna nomor mesin, nomor rangka kalau bisa juga ditulis di dalam kuitansi


PROSEDUR


Saya buat per point agar gampang diingat.

  1. Masuk gerbang SAMSAT langsung parkir menuju gedung belakang bertuliskan Unit Pelayanan BPKB. Di situ adalah lokasi pendaftarannya sekalian cek fisik kendaraan.





Loket pelayanan BPKB (sumber polressleman.com)


  1. Kalau parkiran penuh, ya terpaksa parkir di halaman depan, nanti jalan kaki ke belakang. Seingat saya semua lokasi parkir disitu bertuliskan tempat cek fisik.
  2. Sebelum daftar, cari fotokopian dulu di basement buat fotokopi berkas persyaratan. Basemen lokasinya diseberang loket BPKB
  3. Beres fotokopi, balik lagi ke loket pendaftaran. Lapor kepada petugas polisi bahwa kita mau balik nama kendaraan
  4. Selanjutnya kita akan diberi form isian data dan form gesek untuk nomor mesin dan rangka.
  5. Cari petugas gesek dan minta gesek. Gratis.. jangan malu bertanya. 
  6. Setelah itu isi form isian. Di form ini ada diminta data KTP, isikan dengan data KTP pemilik lama. Untuk isian yang lain silahkan isi sesuai dengan data kendaraan di STNK atau BPKB
  7. Setelah itu kembali lagi ke loket dan tunggu panggilan. Setelahnya diminta bayar sekitar 300-350 ribu di loket. Saya lupa jumlahnya.
  8. Setelah itu akan diberikan berkas cek fisik yang belum disahkan dan kupon warna pink untuk pengambilan BPKB nanti sekitar 2 bulan lagi. Jangan hilang. 
urus balik nama sleman


  1. Berkas cek fisik lalu dibawa ke loket pengesahan cek fisik di dalam basement. Cari saja loketnya, kalau bingung ya tanya lagi. Nanti isi kembali formulir isian dan cek fisik disahkan. Nah untuk yang ini, isian KTP diisi sesuai dengan data pemilik baru. Ini beda dengan yang awal sebelum cek fisik tadi. Setelahnya bayar lagi sekitar 300 ribu.
  2. Selanjutnya pergi ke dalam gedung utama naik tangga dan cari loket penyerahan berkas untuk balik nama kendaraan. Awas jangan salah datang ke loket buat bayar pajak tahunan atau 5 tahunan yang biasa ya. Loket balik nama ini ada di paling ujung.
  3. Setelah berkas diberikan, tinggal tunggu panggilan. Setelah itu kita akan diberi berkas pengganti STNK dan keterangan pengambilan STNK untuk 1-2 minggu kedepan. Pajak dibayar sekalian dengan pengambilan STNK nanti


note: waktu ngurus ini saya datang hari sabtu, sekitar jam 9 pagi.. Jam pelayanan tutup klo gak salah jam 10. Jadi kondisi sepi hehehe.. cuma ada 2 mobil waktu itu yang mau digesek. Ini juga sebenarnya salah satu trik saya kalau berurusan dengan administrasi pemerintah. Pilih hari weekend dan kalau gak bisa datang pagi sekali ya mending datang sekalian siang saja, yang penting blum tutup. hehe




FASILITAS GEDUNG SAMSAT


Gedungnya bagus, adem. Kursi duduk banyak, masjid kecil, toilet tersedia, tempat main anak juga ada. Ada atm bank BPD yogya.



UPDATE FEBRUARI 2020


Di awal Februari ini saya baru sempat ambil STNK yang mestinya diambil sebulan yang lalu. Kebetulan kerja di luar kota jadi tidak bisa ambil tepat waktu. Otomatis juga kena denda sepertinya.

Untuk pengambilan STNK ini hanya perlu bawa berkas pengambilan dan langsung menuju loket balik nama di dalam gedung utama. Setelah dipanggil tinggal bayar dan dapat STNK baru. Setelahnya pergi ke basement menuju loket plat nomor untuk mengambil plat nomor baru (nomor sama hanya beda periode berlakunya saja). Ambil plat nomor tidak perlu bayar.

TOTAL BIAYA


Mobil yang saya urus adalah terios tahun 2012. Rincian biaya kurang lebih sbb:

  • biaya administrasi BPKB + urusan cek fisik  (650.000)
  • BBN + denda (1.3 juta an)
  • Pajak 1 tahun + denda (1.9 juta an)
  • SWDKLLJ + denda (170rb an)                                        

Jadi ya total sekitar 4 jutaan sekalian bayar pajak
                                          

Posting Komentar

0 Komentar